NURANI DAN INTEGRITAS

00387775
RENUNGAN

2 Korintus 1:1-14

Integeritas adalah faktor esensial, baik dalam kepemimpinan sekuler lebih lagi dalam pelayanan seorang hamba Tuhan. Integeritas berintikankejujuran yang akhirnya menunjang kewibawaan. Meski tidak mudah berintegritas terutama dalam zaman penuh kepalsuan, orang beriman harus memilikinya.

Di antara jemaat Korintus, ada yang meragukan kerasulan Paulus. Maka Paulus mengisahkan kesengsaraan pelayanan sebagai rasul. Ia ingin menegaskan bahwa penderitaan dan bukan keuntungan diri sendiri adalah bukti kesungguhan kerasulanya. Demikian juga ketekunannya menanggung penderitaan sepanjang pelayanannya, dari Efesus ke Troas, ia seperti bertarung melawan maut (8,9). Semua dia tanggung demi keuntungan jemaat-jemaat yang ia layani. Dalam semua penderitaan itu, ia bergantung penuh pada Allah (9b-10). Juga penderitaan itu telah mempersekutukan dia dan jemaat Korintus yang mendoakanya(11).

Untuk menegaskan kerasulanya yang disahkan jemaat Korintus, paulus menyebut dua hal. Pertama, sebagai pelayan Kristus, ia tidak bertindak berdasarkan hikmat duniawi (12). Kasih Allah, yang nyata melalui karya penebusan Kristus didalam dirinya, itulah yang menjadi factor dominan dalam hidupnya. Kedua, ia tahu pentingnya kejujuran dan ketulusan dalam perkataan dan tindakan. Dalam suratnyapun, ia hanya menulis sesuatu yang dapat mereka mengerti, bukan kata-kata bersayap! Dengan fakta bahwa mereka banga pada dirinya seperti juga ia bangga pada mereka pada hari kedatangan Tuhan Yesus nanti. Karena kebanggaannya sebagai rasul Yesus Kristus terletak pada mereka yang beriman kepada Tuhan Yesus melalui pelayanannya (12-14).

Dalam zaman dimana orang lebih mementingkan popularitas ketimbang kemrnian dan integeritas, prinsip Paulus ini perlu kita pegang erat. Ingatlah bahwa yang utama dari kehidupan setiap orang percaya adalah menyenangkan hati Kristus, bukan mencari sambutan banyak orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s