KERJA UNTUK TUHAN

working.ants_
Renungan Mingguan

2 Tawarikh 19:4-11

Orang yang hidup mengasihi Tuhan biasanya akan mendorong orang-orang lain di sekitarnya untuk juga mengasihi Tuhan. hal ini jugalah yang terjadi pada Yosafat. sebagai raja, ia bukan hanya memperhatikan rakyat yang berdomisili di pusat kerajaan. Ia juga mengunjungi rakyatnya di daerah-daerah, bahkan yang berada di wilayah pegunungan (4). Dan sebagai raja yang mengasihi Tuhan, ia mendorong rakyatnya untuk hidup benar.

Menyadari bahwa ia perlu kaki-tangan untuk menjalankan pemerintahan yang benar, ia mengangkat hakim-hakim (5) dengan disertai instuksi bahwa mereka harus melakukan pekerjaan dengan mengingat bahwa mereka bekerja bagi Allah, bukan bagi manusia. Sebab itu mereka tidak boleh curang atau menerima sogokan (6-7). Sementara di Yerusalem sendiri, Yosafat menunjuk beberapa orang Lewi, imam, dan kepala puak untuk menangani masalah rakyat, berkaitan dengan penerapan hukum Tuhan dan perselisihan (8). Instruksi Yosafat kepada merekapun penting, yaitu mereka harus bekerja berdasarkan rasa takut akan Tuhan, setia dan tulus (9).

DAri pesan Yosafat, bekerja harus dilakukan untuk Tuhan. Sebab itu, orang tidak boleh bekerja demi kepentingan diri sendiri semata, melainkan untuk kemuliaan Tuhan. Dan segala sesuatu yang dilakukan untuk kemuliaan Tuhan harus dilakukan dengan benar dan kudus. Tidak ada tindakan apapun yang boleh mencemari kebenaran dan kekudusan suatu pekerjaan. Orang harus bekerja dengan rasa takut akan Tuhan. Dengan demikian berbuat curang, berlaku adil, dan menerima suap seharusnya tidak ada dalam kamus orang-orang yang hidup dan bekerja bagi Tuhan, apapun bidang pekerjaannya. Setiap pekerjaan harus kita kerjakan dengan setia, dalam memenuhi jam kerja, setia juga dalam memenuhi target kerja. Sudah seperti itukah kita dalam bekerja?

RENUNGKAN: Bekerja adalah ibadah, oleh sebab itu prinsip orang yang menjalankan ibadah yang benar juga harus diiringi dengan bekerja dengan benar. Ora et labora !

(oleh:Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s