PERCAYA PADA ORANG YANG TEPAT

beach_request_blue_sea_wallpaper-normal
Renungan Mingguan

2 Tawarikh 22:1-9

Apakah Anda memiliki banyak sahabat dan orang-orang yang dekat dalam kehidupan Anda? Seberapa banyak diantara mereka yang Anda ijinkan memberikan pengaruh dalam setiap keputusan yang Anda ambil setiap harinya? Sadar atau tidak sadar, sebenarnya setiap hari kita selalu mendapat pengaruh dari orang-orang yang dekat dengan kita. Entah itu keluarga maupun sahabat-sahabat kita. Keberadaan mereka acapkali mempengaruhi baik keputusan maupun tindakan yang akan kita ambil.

Bacaan hari ini adalah tentang Ahazia, yang diangkat sebagai raja Yehuda menggantikan Yoram, ayahnya yang meninggal akibat penyakit usus yang parah (2 Taw. 21:18). Ahazia merupakan anak Yoram satu-satunya yang selamat dari pembunuhan sehingga dialah yang diangkat sebagai raja untuk menggantikan ayahnya (1). Dan, sebagaimana Yoram ayahnya, Ahazia pun melakukan segala hal yang jahat dimata Tuhan. Penulis kitab 2 Tawarikh jelas memberitahukan keadaan ini disebabkan oleh karena “ibunya menasehatinya untuk melakukan hal yang jahat” (3) dan karena keluarga besar Ahab, yaitu para saudara ibunya dibiarkan menjadi “penasehat-penasehatnya yang mencelakakan” (4). Ahazia telah salah mempercayai orang-orang, sekalipun mereka adalah ibu dan orang-orang dekatnya sendiri. Pengaruh yang mereka berikan kepada Ahazia bukanlah pengaruh yang baik, menyebabkan Ahazia kemudian dimurkai oleh Tuhan dan menemui kematiannya ditangan Yehu, cucu Nimsi (7).

Kita lihat yang terjadi bila mempercayai orang-orang yang salah. Pengaruh buruk yang diberikan akan merugikan diri kita sendiri. Miliki kepekaan untuk membedakan siapakah orang-orang yang tepat untuk dipercayai dan mana yang tidak, supaya kita tidak dimurkai oleh Tuhan akibat pengaruh buruk yang diberikan mereka kepada kita. Mintalah hikmat kepada Tuhan agar tidak salah memilih orang kepercayaan.

RENUNGKAN: Ada begitu banyak pengaruh yang kita bisa dapatkan dalam kehidupan ini, dan semestinya Firman Allah harus menjadi pengaruh yang terkuat dalam kehidupan kita.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s