CELIK MELIHAT TUHAN

bell-rock-lighthouse-10
Renungan Mingguan

2 Tawarikh 28:1-7

Betapa jauh hati Ahas dari Allah. Kalau kita perhatikan kehidupan raja Ahas, maka tak ada satupun dari antaranya yang menunjukan perhatiannya terhadap Tuhan, Allah Israel. Hidupnya bergerak hanya dalam kegelapan.

Ahas melakukan persembahan berhala yang melibatkan ritual keji, yaitu dengan mengorbankan anak-anak (2-4). Sungguh mengerikan. Dia tidak menyadari bahwa perbuatan yang menyakiti hati Tuhan itu akan membangkitkan murkaNya. Tak heran bila Allah kemudian menghukum Ahas dengan membangkitkan raja Aram untuk menyerang dia (16-21).  Namun hal ini pun tidak membuat mata Ahas menjadi celik. Mata hatinya telah menjadi buta hingga tak dapat melihat bahwa Tuhan berada dibalik semua itu. Malah tanpa merasa malu, ia mengharapkan pertolongan dari raja negri Asyur (16-21).  Suatu harapan yang justru kemudian berbalik menjadi bumerang bagi dia (20-21). Iman raja Ahas pun makin terpuruk. teguran dan hajaran Tuhan tidak membuat mata hatinya terbuka untuk melihat maksud Tuhan. Kegelapan hati justru membuat Ahas mengira bahwa raja Asyur menang karena pertolongan allahnya. Maka dalam kebodohannya, Ahas malah mempersembahkan korban kepada allah asing (22-25). Ironis sekali! Sungguh tak ada satupun cerminan bahwa Ahas adalah anak dari Yotam, raja yang hidupnya berkenan bagi Allah.

Hidup Ahas menjadi suatu peringatan bagi kita. Bila tak ada satu pun peristiwa dalam hidup yang membuat hati kita terbuka untuk melihat bahwa maksud Tuhan di dalamnya, maka kita harus waspada. Kita perlu memeriksa diri, apakah sesungguhnya kegelapan sedang menyelubungi hati kita, hingga tak dapat melihat satu pun karya Allah dalam hidup kita, datanglah pada Tuhan. Minta Dia menyingkapkan selubung itu dari hati kita agar kita dapat melihat Dia dan terbuka pada karya dan maksud-maksudNya di dalam hidup kita, bagi kemuliaanNya.

RENUNGKAN: Hidup tanpa menyadari adanya Allah adalah sebuah kegelapan yang akan membuat kita melakukan tindakan yang bodoh dan menyesatkan.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s