BERTUMBUH SECARA SEHAT

A5AA02
Renungan Mingguan

Lukas 2:41-52 (Edisi Khusus Ulang Tahun ke 12)

Tanggal 11 Maret 2013, gereja kita berulang tahun yang ke 12, yang berarti usia kita bertambah satu tahun lagi. Apa lagi yang bertambah dan bertumbuh dalam hidup kita dalam bergereja. Doa dan harapan kita agar terjadi pertumbuhan yang proporsional baik dalam aspek fisik, tetapi terutama dalam mental, intelektual, sosial, dan terpenting rohani.

Masa kecil Yesus sampai usia tiga puluh tahun memang penuh dengan misteri, tetapi kita bersyukur karena Lukas telah merangkumkan bahwa Yesus sebagai manusia mengalami pertumbuhan fisik yang sehat dan kuat, serta intelektual, mental, sikap, sosial, dan rohani yang baik (40, 52). Salah satu bukti pertumbuhan Yesus adalah ketika di usia 12, Yesus diajak pergi ke Yerusalem untuk merayakan hari Paskah. Menurut tradisi Yahudi, usia 12 tahun dianggap dewasa dan boleh menjadi “anak Taurat” yaitu layak membaca Taurat.
Yesus menunjukan kerohanian yang bertumbuh melalui kecintaan yang mendalam dan kerinduanNya dekat dengan Allah BapaNya, sebagaimana terlihat dalam diskusi dengan para alim ulama menyangkut hal-hal rohani dan jawaban kepada ibuNya bahwa Ia harus berada di dalam rumah BapaNya. Pertumbuhan intelektual dan mentalNya terlihat dalam jawaban berhikmat yang Ia berikan kepada para rohaniawan di Bait Allah. Sikap dan karakternya pun tampak bertumbuh baik saat merespon kecemasan dan ketidakmengertian orang tuaNya (50-51). Dia tetap tunduk pada pengawasan dan pengaturan orang tuaNya, sampai Ia dewasa. Yesus juga bertumbuh sehat dalam aspek sosial yang terlihat dari relasi intimNya dengan Allah Bapa dan dengan sesama manusia.
Yesus adalah teladan yang patut kita tiru dalam pertumbuhan hidup kita di setiap aspek. Namun lebih daripada itu, karya penebusan Yesus telah dahulu memampukan kita dengan kuasaNya untuk menjalani hidup meneladani Dia. Jadi kalau hidup Yesus ada didalam diri kita untuk memampukan kita hidup sebagaimana Yesus hidup, sudahkah hidup kita menjadi teladan bagi orang lain. Selamat Ulang Tahun bagi seluruh Jemaat yang dikasihi Tuhan Yesus!

RENUNGKAN: Sebagaimana Yesus hidup untuk memberi seluruh hidupNya untuk kita, maka hidup kitap pun kiranya dapat berbakti sepenuhnya kepada Allah demi sesama.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s