KECIL TAPI BERPENGARUH

6a38cc29b3e7663f742f08205bbc0156

Renungan Mingguan

Lukas 13:18-21

Istilah Kerajaan sangat populer dalam kehidupan kita sehari-hari, bahkan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dulunya juga berasal dari kerajaan-kerajaan, dan sampai kini masih ada beberapa negara yang menganut sistem kerajaan dimana raja masih punya pengaruh yang signifikan dalam pemerintahan. Berbicara mengenai raja atau kerajaan, tentu memberikan kepada kita kesan tentang kekuasaan, kebesaran, kemegahan, dan kekayaan ,serta gaya hidup para anggota atau keluarga raja. Istilah raja juga tidak hanya diterapkan. dalam sistem, monarki, tetapi juga dalam bidang lain, misalnya bisnis dan politik, yang tentunya semua ini Berbicara tentang kapasitas dan pengaruh di dunianya masing-masing.

Hari ini kita membaca dimana Yesus Kristus juga Berbicara tentang Kerajaan, yaitu Kerajaan Allah. Yesus mengumpamakan Kerajaan Allah dengan Biji Sesawi dan Ragi. Dua benda yang kecil, dimana Yesus ingin mengontraskan Kerajaan Dunia dengan Kerajaan Allah.Kerajaan Dunia hadir dan berbicara tentang hal-hal yang mentoring dan bombastis, tetapi Kerajaan Allah hadir dalam betook yang sederhana dan kerap tidak dipandang dan diperhitungkan oleh dunia tetapi memberikan dampak dan pengaruh untuk membetuk setiap orang berdosa menjadi pribadi yang dapat menghadirkan nilai-nilai Kerajaan Allah bagi dunia yang sedang mengamati disorientsi dan materialisme serta konsumtif.

Biji Sesawi itu hanya setitik, Kalau ditanam ia akan bertumbuh menjadi pohon dan menjadi tempat dimana burung-burung di udara dapat bersarang pada cabang-cabangnya. Ragi adalah tepung yang kalau diberikan sedikit saja dan dicampur kedalam tepung terigu bisa meng-khamirkan seluruh tepung terigu ini dalam adonan ini. Ini adalah gambaran bagaimana ketika Kerajaan Allah hadir atau Injil Kerajaan diberitakan dalam kehidupan di dunia yang berdosa ini. Walaupun Injil Kerajaan Allah kerap dikecikan dan diremehkan serta tidak menarik dalam kehidupan ini, tetapi kalau kita menerima kuasa Allah bekerja dan kita menjadi alat kerajaanNya dengan memberitakan Injil Kerajaan Allah, la dapat menyelamatkan dan mengubah setiap pribadi orang berdosa dan hidup ini akan memuliakan Allah dan menjadi berkat bagi dunia ini. Yesus mengajarkan dan mempraktekkan Injil Kerajaan Allah sebagai anugerah Allah yang menyembuhkan, membebaskan dari ikatan kuasa roh jahat. Kita hanya butuh percayakan dan melakukan kebenaran yang diajarkan oleh Firman Allah dalam Alkitab.

RENUNGKAN: Kuasa Yesus Kristus tidak berubah, dulu sekarang dan sampai selamanya!

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s