MERAIH KEKEKALAN

Management

Renungan Mingguan

Lukas 16:1-16

Setiap kepercayaan yang kita terima harus kita pertanggung jawabkan. Hal ini penting sebagai bahan evaluasi, apakah memang kita layak dipercaya atau tidak, atau apakah kepercayaan yang kita peroleh bisa ditingkatkan atau malah harus dikurangi. Lagi pula laporan pertanggungjawaban adalah sebagai alat untuk mengukur kinerja kita.
Minggu ini kita belajar dari seorang bendahara yang menyalahkan kepercayaan dari tuannya. Dan tentunya setiap penyimpangan pada akhirnya pasti ketahuan. Ketika mengetahui peruatannya diketahui sang tuan (1-2), maka sang bendahara pasti tahu akan risikonya, tetapi dia juga tidak kehilangan akal untuk menyelamatkan masa depannya. Dia menggunakan kesempatan yang ada untuk menyelamatkan masa depannya (4-7)
Hal ini menarik bahwa Yesus memberikan penilaian yang positif atas tindakan bendahara ini dengan alasan bahwa si bendahara memikirkan secara serius masa depannya.
Jangan disalah pahami pandangan Yesus ini, tetapi ini hanya sebuah perumpamaan untuk mengajarkan kepada orang percaya, agar mampu secara bijak memanfaatkan apa yang dimiliki demi mempersiapkan kehidupan masa depannya dan menginvestasikannya untuk kehidupan yang kekal, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada Sang Tuan (9). Jadi sebagai murid kita harus menjadi orang yang bisa dipercaya untuk mengurus segala sesuatu yang Tuhan percayakan kepada kita walaupun sekecil apapun (10-12).
Seorang murid Tuhan harus berhikmat untuk memanfaatkan secara maksimal apa yang dipercayakan kepadanya, terlebih tidak sekedar untuk kepentingan dan kesenangan dirinya, tetapi untuk keselamatan dan kehidupan yang kekal.
segala yang kita miliki harus dipertanggungjawabkan, pemanfaatan apa yang dipercayakan kepada kita adalah sebuah ujian karakter. Oleh sebab itu jadilah orang yang dapat dipercaya, sehingga hidup kita akan semakin berdaya guna bagi kerajaanNya dan menjadi saluran berkat dari Tuhan buat semua orang.

RENUNGKAN: Setia dengan perkara kecil, akan dipercayakan perkara yang besar!

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s