KEDATANGAN KERAJAAN ALLAH

beautiful_indonesia_06_by_dontsecondguess-d57x2lw

Renungan Mingguan

Lukas 17:20-37

Istilah “Kerajaan Allah” memang masih menjadi bahan perdebatan sampai hari ini dan tidak diketahui kapan akan berakhir. Hal ini timbul dari sudut padang yang berbeda, di satu pihak ada yang menganggap bahwa Kerajaan Allah itu adalah kehidupan rohani dan pandangan lain mengatakan bahwa Kerajaan Allah adalah kehidupan fisik. Orang Yahudi memandang Kerajaan Allah ini dari aspek fisik, dimana orang Yahudi sedang menantikan seorang Mesias yang akan membebaskan mereka dari penjajahan Romawi.

Hal yang menarik adalah pernyataan Yesus bahwa Kerajaan Allah sudah ada diantara mereka dan tanpa tanda-tanda lahiriah, pernyataan ini adalah untuk menjawab pernyataan orang Farisi di ayat 20. Apa arti pernyataan ini? Artinya Kerjaan Allah sudah dimulai ketika Yesus datang sebagai Manusia (Inkarnasi), dan berproses untuk membawa kita tidak bercacat cela sampai puncaknya, yaitu kedatangan Yesus kembali ke dunia.
Jadi Kerajaan Allah bukan bersifat fisik, untuk itu jangan mencari tanda-tanda lahiriah, tetapi tetap percaya Yesus sebagai bukti nyata kehadiran Kerajaan Allah. Yesus menjelaskan kepada murid segala hal yang menyangkut Kerajaan Allah. Dimana Yesus datang pada saat berinkarnasi menjadi manusia tidak ada sesuatu yang spektakuler, dan diwarnai dengan penolakan, penderitaan, dan bahkan kematian di kayu salib. Dan justru inilah yang akan memuliakan Yesus dan kelak akan datang kembali sebagai Raja disini spektakuleritas akan terjadi, dunia akan dihakimi dan orang percaya dinagkitkan.
Hal yang paling penting adalah bagaimana kita bertekun dalam mempersiapkan diri untuk menyambut kedatanganNya kembali. Dalam hal ini Yesus memakai contoh dalam Perjanjian Lama, yaitu Lot. Orang disekitar mereka masa bodoh dan tidak mengindahkan peringatan Tuhan untuk segera bertobat, sehingga berakhir pada binasa.
Jangan menganggap remeh Anak Manusia yang telah menyatakan Kerajaan Allah sebaliknya responilah agar kita diselamatkan (33). Jalanilah hidup ini dengan selalu taat dan menjaga kekudusan dan terus belajar dan melakukan apa menyenangkan hati Allah.

RENUNGKAN: Jangan meremehkan panggilan Tuhan atas hidup kita, jadilah anggota Tubuh Kristus yang menampakan kehadiran Kerajaan Allah di bumi saat ini dan disini.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s