DOA YANG DIJAWAB

praying-the-bible

Renungan Mingguan

Lukas 18:1-8

Sering orang bertanya-tanya, doa yang bagaimana yang dijawab Tuhan. Apakah ada suatu formula yang menjamin doa kita dijawab Tuhan? Pada pembacaan kita minggu ini, diberikan suatu petunjuk bahwa doa yang dijawab adalah doa yang sesuai dengan karakter Allah sendiri, yaitu doa yang meminta keadilan Tuhan ditegakkan dan doa yang dipanjatkan dengan iman. Yesus memberikan suatu perumpamaan, yaitu hakim lalim, yang akhirnya harus mengabulkan permohonan keadilan yang  dimintakan oleh seorang janda. Hal yang menarik ialah bahwa hakim yang antagonis ini dipakai oleh Yesus untuk menjadi tokoh pembanding tentang Allah yang adil. Artinya hakim yang lalim seklaipun dapat memberikan keputusan yang adil bagi orang yang memohon, apalagi Bapa di surga. Jadi jangan pernah meragukan keadilan Allah.
Hakim yang lalim ini memutuskan perkara janda ini, bukan karena memang ia adalah hakim yang bijak, tetapi semata-mata karena identitas dari ibu janda yang tidak berhenti untuk meminta. Jadi bukan karena ia ingin membela hak janda yang tertindas. Dimana ibu janda ini meminta haknya, karena menjadi janda pada masa itu merupakan kondisi yang terburuk yang dialami seorang wanita, karena ia tidak memiliki hak apapun dalam masyarakat yang menganut garis partilinear, terlebih tidak ada keluarga yang siap membela dan melindunginya. Satu-satunya adalah berharap pada pembelaan sang hakim. Disatu sisi, ia telah keluar dari keluarganya karena menikah, disi lain pada pihak keluarga suami menganggap bahwa hubungan kekeluargaan telah berakhir dengan kematian suaminya. Itulah sebabnya Allah sangat memperhatikan para janda.
Kalau hakim yang lalim sekalipun akhirnya mau membela hak ibu janda ini, maka Allahpun sebagai Bapa yang baik dan adil yang mengasihi orang yang lemah, pasti membela umatNya yang dizalimi. Untuk itulah ketika berada pada posisi yang tertindas, izinkanlah Allah membela kita dan jangan pernah melawan dengan kekuatan fisik tapi berdoa kepada Allah.
Alkitab berkata bahwa Allah mendengar doa orang benar, kalau kita berdoa agar kuasa dan kebenaran Allah ditegakkan, maka dengan kasihNya, Allah akan bertindak. Berdoalah dan yakinlah bahwa Dia adalah Allah yang adil, berdoalah senantiasa, demi kehendakNya terjadi. Doa yang sesuai dengan kehendak Allah pasti terjadi, mengertilah kehendak Allah dalam hidup.

RENUNGKAN: Berdoa dalam kebenaran dan supaya keadilan Alah dinyatakan. Menanti jawaban dengan iman yang sungguh-sungguh, maka segalanya akan dikerjakan Allah pada waktunya. Bertekunlah dalam doa, sabarlah dalam penderitaan, maka kemuliaan Allah nyata.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s