BERDAYAGUNA BAGI KERAJAAN ALLAH

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Renungan Mingguan

Lukas 19:11-27

Hidup orang percaya harus berdampak, yaitu memberikan teladan bagi orang di lingkungan sekitarnya. Orang percaya harus bersinar terang, untuk membimbing orang yang hidup dalam kegelapan berpindah kepada terangNya yang ajaib. Orang percaya tidak boleh egois dengan hanya memperhatikan keselamatannya sendiri dan tidak peduli kepada orang sekitar, tetapi setiap orang percaya dipanggil untuk menjadi berkat dimanapun dia berada. jadi orang percaya harus membuka diri dan menyalurkan berkat terutama keselamatan bagi orang lain

Yesus selalu melihat sampai kepada kedalaman hati seseorang, Dia tahu bahwa mereka yang mengikutiNya ingin melihat Kerajaan Allah dengan menjadikan Dia sebagai Raja yang diurapi di Yesrusalem (11). Padahal Yesus sudah menjelaskan kepada para pengikutNya apa yang akan dialami diriNya ketika memasuki Yerusalem, tetapi mereka tetap belum memahaminya. Untuk itu Yesus memberikan sebuah perumpamaan, dimana ada konsekuensi atas keinginan ini.
Ada dua hal yang ditekankan oleh Yesus mengenai Kerajaan Allah. Pertama, Kerajaan Allah berarti ketaatan dan kesetiaan (23). Orang yang hidup dalam Kerajaan Allah harus tahu apa tugasdan kewajiban mereka dan siapa Raja yang memerintah hidup mereka. Hal ini dilakoni oleh dua orang hamba yang baik, dengan mendayagunakan uang Mina yang dititipkan oleh sang Tuan kepada mereka (16-19). Kedua, kedatangan Kerajaan Allah yang sesungguhnya akan membawa kehancuran atau kebinasaan bagi mereka yang menolak Sang Raja. Hal ini diwakili oleh hamba yang ketiga yang menolak untuk memberdayakan Mina yang dipercayakan kepadanya. Akhirnya, Sang Tuan menjadi murka terhadap hamba yang tidak taat dan setia serta menyuruh membawa orang-orang yang menolak untuk menjadikan diriNya sebagai Raja untuk dibunuh di mataNya (27). Marilah kita menyambut Sang Raja dengan mempersembahkan yang terbaik dari hidup kita.
Sebagai warga Kerajaan Allah, mari kita bekerja untuk memperlebar KerajaanNya dan jangan berpangkutangan, tetapi secara aktif dan kreatif untuk menjadi saluran berkat Tuhan dan tetap taat dan setia kepada Sang Raja, yaitu Yesus Kristus yang telah mempercayakan banyak karunia yang harus kita kembangkan, sehingga kita menyenangkan hati Tuhan dan memperoleh upah dan mahkota yang disediakanNya bagi kita. Jangan lelah bekerja di ladang Tuhan.

RENUNGKAN: Sebagai orang yang telah diselamatkan, kita harus selalu mencari kehendak Allah dan melakukan apa yang berkenan kepadaNya, supaya kita diberkati dan menjadi berkat.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s