FIRMAN ALLAH SEDANG DIGENAPI, BERTOBATLAH!

Atomic-Bomb-Wallpaper-HD-nuclear-explosion-night-war

Renungan Mingguan

Lukas 21:20-24

Dalam ayat 7, ada pertanyaan para murid yang dijawab oleh Tuhan Yesus pada ayat 20, yaitu kehancuran Yerusalem akan ditandai dengan kedatangan tentara yang mengepung Yerusalem. Musuh akan mengincar orang Israel dan menduduki Yerusalem. Bencana akan segera terjadi dan ancaman maut sudah didepan mata (23-24). Untuk itu Yesus mengingatkan orang-orang yang bermukim di Yerusalem agar segera menyingkir untuk menyelamatkan diri. Yerusalem sedang terancam untuk dihancurkan sehingga tidak nyaman dan aman untuk dihuni (21). Sungguh mengerikan dan terhina penduduk di Yerusalem, harus mengungsi karena pendudukan tentara musuh, sehingga hidup tertekan.

Mengapa semua ini terjadi? Tuhan Yesus mengatakan bahwa ini adalah dampak dari ketidaksetiaan bangsa Israel kepada Allah (22). Sebab itu, musuh yang tidak kenal Allah pun dipakai sebagai alat untuk menghukum Israel. Musuh akan menduduki Yerusalem sampai saatnya tiba, yaitu rencana Allah digenapi, rencana Allah pasti. (26).
Sepanjang kita mengikuti perkembangan Kekristenan di kemudian hari, kita dapat menemukan bahwa peristiwa ini berdampak pada terbukanya kesempatan kepada orang non Israel untuk mendengar dan menyambut Injil, yaitu Berita Sukacita yang membawa keselamatan bagi setiap orang berdosa yang sedang hidup dalam kegelapan di dunia ini.

Belajar dari pemilihan Allah atas Israel dan kemudian harus tercerai-berai akibat ketidaktaatan yang menyebabkan hukuman Allah harus dijatuhkan, kita dapay pahami bahwa ketidaktaatan dan pemberontakan terhadap Allah yang terus terulang membuat kita harus menerima murka Allah. Kasih dan kebaikan Allah membuka kesempatan bagi manusia untuk bertobat, tetapi kalau manusia terus menerus mengeraskan hati dan tidak menghiraukan peringatan Allah,maka tidak tertutup kemungkinan suatu saat orang yang bersikap melawan Allah akan menerima hukumanNya. Oleh sebab itu, jangan pernah menunggu, tetapi segera bertobat, maka kasih karunia Allah akan menyertai kita dan Roh Kudus akan memenuhi dan mendiami hidup dan kehidupan kita sampai pada akhirnya.

RENUNGKAN: Menyimak keadaan dunia saat ini, menyadarkan kita bahwa Firman Allah sedang digenapi dan kesudahan segala sesuatu sudah dekat, percayalah kepada Yesus Kristus.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s