PENYELAMATANMU SUDAH DEKAT

EarthHorizonBackground

Renungan Mingguan

Lukas 21:25-33

Ada cerita lucu tentang seorang penjual cream pemutih. Apa yang lucu? Ternyata penjual cream pemutih ini adalah seorang yang kebetulan kulitnya agak hitam. Cerita ini menggambarkan bagaimana orang bisa percaya dengan tawarannya, sementara dia sendiri tidak dapat membuktikan khasiat dari cream yang dia jual. Sebab kulitnya sendiri hitam.

Dalam pembacaan kita hari ini, Tuhan Yesus sedang menyampaikan mengenai kedatanganNya kembali. Kalau pembacaan kita minggu lalu, kita diberitahu bahwa ada masa yang diperuntukan bagi bangsa-bangsa yang bukan Yahudi dan masa itu akan diakhiri dengan peristiwa-peristiwa yang menggoncangkan dan membahayakan di alam semesta, sehingga kecemasan menguasai setiap makhluk di bumi ini. Pada saat inilah Anak Manusia akan datang dalam kuasa dan kemuliaan (27). Kalau saat itu orang-orang di bumi akan diliputi dengan kecemasan dan ketakutan, tetapi orang beriman justru akan mengalami kelegaan? karena saat itulah yang disebut dengan saat pembebasan telah tiba (28), saat Firman Allah digenapi, saat iman menghasilkan kemenangan, saat jaminan keselamatan dinyatakan. Masalahnya, kapan saat itu terjadi? Yesus tidak memberitahu waktunya secara persis. Tetapi Dia mengatakan kalau semua tanda-tanda telah terlihat jelas dan alam bergejolak, itulah saat kedatangan Anak Manusia telah tiba (29-31).
Apakah kita bisa mempercayai perkataan Yesus tentang kedatanganNya kedua kali, dan tanda-tanda yang mendahului itu semua? Ya, seharusnya dengan sangat yakin mempercayai akan firman Tuhan, sebab Firman Tuhan ya dan amin, disamping Ia berbicara dengan otoritas yang jauh lebih tinggi dan besar dari otoritas para nabi. Dia berbicara sebagai Anak Allah Yang Maha Tinggi yang menjamin bahwa FirmanNya abadi dan tidak akan lekang termakan oleh waktu, FirmanNya kekal dan tak berubah (33).
Bila kita percaya kepada Yesus, maka kita juga harus percaya kepada FirmanNya. Bila kita percaya FirmanNya, tentu kita akan menerima dan merespon secara positif. Kalau kita percaya bahwa Dia akan datang kembali, tentu kita akan mempersiapkan diri dalam kekudusan dan ketaatan penuh terhadap FirmanNya dan kita tak kompromi lagi dengan dosa, dunia dan segala keinginannya, supaya kita bebas mengabdi kepadaNya.

RENUNGKAN: Percayalah Yesus akan kembali menjemput kita orang yang menang. Amin.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s