BERJAGA-JAGA!

umbrella

Renungan Mingguan

Lukas 21:34-38

“Sediakan payung sebelum hujan,” inilah kalimat yang sering mengingatkan kita, agar mengantisipasi segala sesuatu sebelum segala sesuatu terjadi dengan tujuan supaya kita tidak mengalami goncangan bila terjadi sesuatu dan kita dapat mengatasinya dengan baik. Dengan demikian kita mempersiapkan diri dan tidak lengah atau lalai dan menyesal hanya karena kita kurang mengantisipasi dan kurang siap menghadapi suatu kejadian.

Percaya atau tidak percaya, Tuhan Yesus akan datang kembali dan semua orang harus menghadapinya (35). Untuk itu Tuhan Yesus menasehati murid-muridNya agar waspada dan berjaga-jaga sebelum hari itu tiba. Cara menghadapi peristiwa ini adalah dengan membebaskan diri dari berbagai kesenangan duniawi dan nafsu kedagingan yang membuat manusia terlena. Menjauhkan diri dari perbuatan cemar (34). Kalau manusia tidak berjaga-jaga, hari Tuhan akan menjadi malapetaka yang menjerat bagi mereka (34). Itulah sebabnya, Tuhan Yesus mendorong para murid untuk berjaga-jaga dan berdoa, dan kalau hari Tuhan itu tiba, mereka terluput dari murka Allah dan beroleh kekuatan untuk berdiri dihadapan Tuhan (36), dan menerima hidup kekal yang dijanikan kepada kita.
Kalau ada orang yang kita hormati dan hargai ingin berkunjung ke rumah kita, tentu kita akan mempersiapkan segala sesuatu dengan sangat baik untuk menyambutnya. Bagaimana pula dalam hal menyambut kedatangan Tuhan? Apakah kita akan sambut dengan sukacita atau malah dengan ketakutan, karena menyadari akan murkaNya?
Hari Tuhan akan datang seperti pencuri (2 Petrus 3:10), maksudnya kita tidak akan tahu kapan akan terjadi. Hanya Allah yang tahu. Tapi kita diberi tanda-tanda akan kedatanganNya, sehingga bagi kita yang berjaga-jaga dan telah mempersiapkan diri, kita tidak akan terkejut, karena Tuhan telah mengingatkan kita jauh-jauh hari sebelumnya. Kita harus hidup dengan cara seolah-olah Tuhan akan datang besok. Ingat, bahwa cepat atau lambat hari kedatangan Tuhan pasti tiba sesuai dengan waktu yang Dia tentukan.
Berjaga-jaga dan berdoalah (36) supaya kita kuat menghadapi kesulitan sebagai orang percaya menjelang kedatangan Tuhan. Perhatikanlah bagaimana kamu hidup. Jaga kekudusan dalam segala hal, tidak tergoda dan terjatuh kedalam pencobaan, karena Kristus segera datang untuk membawa kita untuk ada bersama Dia di surga mulia.

RENUNGKAN: Percaya atau tidak Yesus pasti datang kembali, persiapkanlah dirimu !

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s