KETAATAN DAN TANGGUNG JAWAB

claypot

Renungan Mingguan

Lukas 22:7-13

Petrus dan Yohanes diminta oleh Yesus untuk mempersiapkan perjamuan Paskah tetapi tempat dan detail perjamuan Paskah dimaksud masih belum diketahui, dan murid-murid belum mengetahui dimana perjamuan akan diselenggarakan dan juga tidak tahu persiapan apa saja yang harus dilakukan. Kedua murid ini hanya diminta untuk mengamati situasi yang ada dan peka terhadap suatu situasi yang tidak seperti biasanya. Mereka akan melihat seorang pria membawa kendi berisi air. Sementara kita tahu bahwa biasanya kendi dibawa oleh seorang wanita, dan bila pria harus membawa air, biasanya dengan memakai wadah yang lain dan bukan kendi. Mereka harus mengikuti pria itu sampai ke tempat tujuannya. Kemudian mereka harus bertanya kepada pemilik rumah tentang tempat Tuhan akan memperingati Paskah. Dialah yang akan memberitahu tempatnya, Sungguh suatu dramatisir yang membuat kita berada antara percaya dan tidak.
Mengapa begitu rahasia? Kelihatannya, Yesus sedang merahasiakan hal ini, dan menutup kesempatan bagi Yudas Iskariot untuk mengetahui tempat perjamuan itu, karena kemungkinan besar Yudas Iskariot akan membocorkan kejadian ini kepada para imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat sehingga mereka akan dengan mudah menangkap dan membunuhNya. Lebih-lebih tidak ada yang memikirkan ini, sehingga Yudas Iskariot akan leluasa dengan rencananya, karena semua orang sedang sibuk mempersiapkan diri untuk memperingati Paskah. Ini bukan karena Yesus takut kepada Yudas atau para musuh yang akan membunuhNya, tetapi hanya semata-mata mempertimbangkan bahwa waktunya belum tiba dan bukan dengan cara seperti ini Ia akan mati demi menebus dosa manusia. Jangan sampai ada anggapan bahwa Yudas “dikorbankan”.
Kembali kepada Petrus dan Yohanes, mereka belum bisa menguasai keadaan, karena semuanya masih begitu rahasia. Namun, mereka menjumpai segala sesuatu terjadi persis seperti apa yang Yesus katakan. Pernahkah kita mengalami suatu peristiwa, dimana Allah sedang bicara dan menuntun kita melakukan sesuatu, tetapi kita belum dapat membayangkannya apalagi melakukannya? Tapi pada akhirnya kita melihat bahwa Tuhan sudah menyediakannya. Walau dalam hidup ini masih banyak yang rahasia, justru disinilah kita harus belajar taat dan yakin apa yang Tuhan katakan pasti terjadi. Kita akan melihat betapa indahnya berjalan dalam ketaatan dan terus mengikuti tuntunanNya. Tuhan akan terus memberi kesempatan bagi kita untuk terus melihat keindahan dan keajaiban karyaNya, kita akan terus mengikuti setiap kehendakNya dan kagum akan segala perbuatanNya dan menyaksikan kepada dunia bahwa Tuhan Yesus ajaib!

RENUNGKAN: Untuk mengalami keajaiban kuasaNya, kita hanya dituntut taat sepenuhnya.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s