KEBANGKITAN YESUS

kampe-beach-sunrise-banyuwangi-indonesia

Renungan Mingguan

Lukas 24:1-12

Yusuf dari Arimatea menguburkan “mayat” Yesus dan perempuan-perempuan yang disebut dalam nats ini memang tidak mengambil peran dalam peristiwa ini (Lukas 23:50-53), tetapi mereka menyertai prosesi ini dan memperhatikan dengan baik proses penguburan Yesus secara cermat, dan mencoba mengingat dengan baik dimana tepatnya Yesus dikuburkan. Mereka pulang dan mempersiapkan segala sesuatu menurut tradisi.
Keesokan harinya adalah Sabat, tidak memungkinkan mereka ke kuburan, tetapi pada hari berikutnya, yaitu pada hari ketiga mereka kembali ke kuburan Yesus dengan membawa rempah-rempah. Namun, ada sesuatu yang terjadi di kuburan, yaitu kubur itu sudah terbuka. Ada 2 orang berpakaian berkilauan memberitahukan kepada mereka bahwa Yesus tidak ada disitu, karena sudah bangkit. Lantas kedua orang itu menegur mereka untuk mengungat perkataan Yesus sebelum Ia disalibkan (5-7; Luk. 9:22).
Para perempuan ini disadarkan, bahwa kematian dan kebangkitan Yesus adalah nubuat yang telah digenapi. Sebab itu, mencari mayat Yesus kedalam kuburan adalah merupakan tindakan orang yang tidak percaya. Yesus telah hidup dan telah mengalahkan kematian. Oleh sebab itu dengan percaya kepadaNya, maka hal yang sama akan terjadi dalam hidup setiap orang percaya, sehingga kita harus menyaksikan ini kepada dunia.
Para murid juga menaggapi kesaksian para perempuan ini sebagai sesuatu yang mustahil dan tidak bisa diterima akal. Intinya mereka tidak percaya (11). Akhirnya salah satu muridNya yang bernama Petrus pun pergi ke TKP untu membuktikan semua ini. Terbukti apa yang dikatakan oleh para perempuan ini benar, dan sekarang Petrus yang bingung (12). Bersyukurlah bahwa semua yang Yesus katakan telah dibuktikan, supaya kita tidak lagi meragukan FirmanNya yang saat ini dapat kita baca melalui Alkitab.
Hutang dosa kita telah diselesaikan oleh darah Yesus Kristus, segala sakit dan derita kita telah dibayar lunas, dan hidup kita dipulihkan oleh kuasa bilurNya. Dia telah bangkit, dan marilah kita bangkit untuk menjadi saksi Tuhan supaya kasih Tuhan dapat menjangkau dunia yang berdosa ini dan semua manusia dapat dibebaskan dan dapat diselamatkan, hidup terbebas dari pengaruh dosa dan kuasa kegelapan. Selamat Paskah!

RENUNGKAN: Paskah adalah bukti nyata bahwa Kristus hidup dan menang atas maut!

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s