NYANYIAN KEMENANGAN BAGI ALLAH

When-Worship

Renungan Mingguan

Mazmur 68:20-36

Mazmur 68 ini adalah salah satu bagian dari Mazmur yang menggambarkan saat yang terindah, dimana terdapat nyanyian kemenangan umat Tuhan. Simbol kemenangan ini ditandai dengan tabut Allah, yaitu bukti kehadiran Allah sendiri di tengah-tengah umat (lihat ayat 2-4; 5-11; 12-19). Mengapa kemenagan yang diberikan Allah kepada umatNya perlu dirayakan? Bukan untuk menimbulkan kebanggan atas kemenangan ini dan menikmati kemengangan yang telah dikaruniakan, tetapi supaya Kemuliaan Allah dan kehadiran kuasa Allah yang memberikan kemenangan hadir dalam seluruh kehidupan umat. Kemenangan harus meliputi seluruh teritorial umat percaya, yaitu wilayah tempat tinggal suku-suku Benyamin, Yehuda, Zebulon, Naftali. Seluruh suku harus hadir untuk menikmati dan ikut dalam nyanyian kemenangan, dan memuliakan Tuhan Allah.
Allah adalah pencipta langit dan bumi, dan Penebus Sejati yang telah menebus seluruh ciptaan, dan bukan Allah untuk suku bangsa atau bahasa tertentu. Ia adalah Allah yang telah menebus sekali untuk selamanya dan satu untuk semua dalam Yesus Kristus. Untuk itu seluruh bumi harus bernyanyi dan bermazmur bagi Allah (33) dan sungguh-sungguh mengakui kemuliaan Allah, sambil memberi diri untuk tunduk pada otoritasNya. Bagi orang yang tidak mau meninggikan Allah akan mengalami hukuman (31). Tetapi bagi yang tunduk dan mengakui serta menerima kehadiranNya akan melihat keselamatan. KehadiranNya memenuhi seluruh jagad raya dan kekuasaanNya nyata dalam perjalanan sejarah umat tebusan, khususnya orang-orang percaya kepada Allah adalah kemenangan, inilah kunci yang membuat kita bertahan dalam setiap peperangan yang kita hadapi.

RENUNGKAN:Β Didalam Alah Sejati dan Manusia Sejati, yaitu Yesus Kristus yang menang, kita melihat kemuliaan Allah dinyatakan, sehingga adalam perjuangan kita melawan kuasa gelap, kita bukan sekedar meraih kemenangan tetapi juga tampil dan bangkit menjadi terang.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s