DOA MEMOHON PERTOLONGAN

Butterfly-in-front-of-flower

Renungan Mingguan

Mazmur 70

Sekuat dan seteguh apapun seorang manusia, suatu saat pasti pernah merasakan dan mengakui bahwa kita membutuhkan Tuhan. Inilah kesadaran yang sedang dinyatakan oleh Pemazmur dalam doanya, dimana dalam ketidakberdayaan dia berseru, “Ya, Allah, bersegeralah melepaskan aku, menolong aku, ya Tuhan!” (2). Allah menjadi tumpuan dan harapan satu-satunya bagi Pemazmur untuk dapat melepaskan diri dari segala pergumulan yang menghimpit dan menekan dalam hidupnya. Namun, ia tidak hanya sekedar dan berhenti sampai pada kebutuhannya untuk mendapat pertolongan Tuhan, tetapi juga supaya kebenaran dan kemuliaan Tuhan dinyatakan dalam hidupnya.
Kesukaan dan penghiburan serta kekuatan dari Tuhan itulah yang kita butuhkan dalam menjalani kehidupan kita di dunia ini. Pemazmur tidak mengharapkan pembalasan, tetapi ia meminta agar Tuhan memulihkan kegirangan dan kesukaan yang memang Allah janjikan bagi setiap orang yang hidup mengasihi dan berharap kepadaNya. Kesukaan yang tidak dapat kita dapatkan melalui perjuangan secara fisik di dunia ini, tidak juga tergantung pada situasi dan kondisi di sekitar lingkungan kita. Kesukaan dan penghiburan ini tidak dapat direbut oleh kekuatan dunia dan hanya berasal dari Tuhan, sehingga kita harus tetap mencari Tuhan dan memperbaharui hidup kita dihadapanNya, dan sebagai orang beriman tidak menyusahkan diri dengan perkara-perkara dunia. Mencontoh hidup Pemazmur, walaupun berada dalam penderitaan dan tekanan tetap membina hubungan serta haus akan Tuhan (6). Memang tidak gampang, tetapi juga bukan tidak mungkin. Hanya kesukaan yang kita akses melalui kedekatan kita dengan Tuhan yang memberikan kekuatan bagi kita untuk meraih kemenangan dalam setiap peperangan kita di dunia ini.

RENUNGKAN: Biarlah kita tetap tegar dan sabar serta mengandalkan Tuhan dalam setiap ujian hidup dan yakin bahwa kita dapat menanggungnya dalam Tuhan yang memberi kekuatan.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s