KONSEP KEPEMIMPINAN

MPR RI

Renungan Mingguan

Mazmur 72

Raja, yang pada masa kini adalah para pemimpin politik, khususnya di jajaran pemerintahan adalah hamba-hamba Allah yang harus menjalankan pemerintahannya dan bertanggung jawab untuk menegakkan hukum dan keadilan dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa. Sebab kuasa yang dimandatkan kepada mereka bukan dari diri mereka sendiri dan juga bukan sekedar karena pilihan rakyat (dalam demokrasi), tapi pemerintahan atau kuasa mereka adalah karunia yang Tuhan percayakan. Untuk itu mereka tidak boleh menyalahgunakan kekuasaan dengan menerapkan pola Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) yang hanya mengakomodir kepentingan diri dan golongan. Kuasa yang dimiliki oleh para pemimpin harus diarahkan untuk melakukan kehendak Allah, terutama prinsip moral dan etika dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat dan politik, sehingga menciptakan kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh masyarakat.
Melihat arti penting para pemegang kekuasaan di pemerintahan, terlebih dalam memasuki proses demokrasi untuk memilih Capres dan Cawapres pada bulan Juli 2014, dan kita sadar betapa berat beban yang harus dipikul oleh pemerintahan sekarang maupun yang mendatang, lebih-lebih mengingat bahwa tidak ada satu orangpun yang sempurna di dunia ini, dimana masing-masing pihak memiliki keterbatasan dan kelemahan, bahkan keberdosaan, maka kita sebagai warga yang baik harus sungguh-sungguh mendoakan dan mendukung program pemerintah untuk melaksanakan pembangunan di segala bidang. Kita dipanggil bukan hanya untuk menuntut dan mengkritik tetapi terutama mendoakan.
Bagaimanapun sebagai warga negara kita merindukan kehadiran Kerajaan Allah di bumi ini, dan kita berkepentingan dengan pemerintahan yang tidak berpihak dan tidak sekedar merebut kekuasaan untuk melanggengkan praktek KKN, tetapi memiliki jiwa pengabdian bagi kemajuan bangsa dan negara dan mengutamakan kepentingan rakyat.

RENUNGKAN: Setiap warga negara harus terlibat secara aktif dalam usaha mencapai tujuan kemerdekaan Indonesia, yaitu mengusahakan masyarakat yang adil dan makmur dan ini harus kita awali dan jalani dengan berdoa senantiasa dan bekerja untuk indonesia tanah air tercinta.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s