SEMUA MANUSIA ADALAH ORANG BERDOSA

beautiful forest

Renungan Mingguan

Roma 3:9-19

Kita hidup hanya karena anugerahNya, benar bahwa semua hanya karena anugerahNya.Coba lihat dan renungkan apa yang dicatat dalam nats pembacaan kita hari ini. Semua tidak kuasa dan berada dalam tekanan dan himpitan kuasa dosa (9), tidak layak dihadapan Allah karena dosa menyebabkan manusia kehilangan kemuliaan Allah (23) dan dikuasai oleh gelapnya dunia ini. Jangankan bangsa yang tidak mengenal Allah yang tidak membutuhkan anugerah Allah, bahkan orang percaya sekalipun membutuhkan anugerah Allah. Firman Allah cukup jelas dan tegas, tidak ada seorangpun yang benar, tidak ada seorangpun yang berakal budi, bahkan tidak ada seorangpun yang mencari Allah (10-11). Maksudnya? Ayat 12 menjawab, semua orang telah menyeleweng, tidak ada yang berguna, tidak ada yang berbuat baik. Lebih lanjut boleh dikatakan bahwa semua pola pikir, sikap dan perilaku telah diluar kewajaran (13-18), manusia telah menajiskan diri sedemikian rupa, dan inilah yang dikatakan oleh Firman Allah. Apakah terlalu berlebihan? mungkin juga, tetapi paling tidak inilah penilaian Allah sendiri terhadap manusia yang hidup pada masa kini.
Apakah Taurat dapat menyelamatkan manusia dari situasi seperti ini? sama sekali tidak, sebab Taurat hanya membongkar dan memberitahukan manusia tentang dosa, tetapi Taurat tidak menyediakan solusi atas kehidupan yang berdosa. Taurat hanya menyatakan pelanggaran manusia di hadapan Allah, sehingga tidak dapat berdalih untuk menghindari hukuman Allah (19). Justru melalui Hukum Taurat ini, umat Allah disadarkan bahwa tidak ada kebenaran sama sekali yang membuat manusia dibenarkan dihadapan Allah. Hukum Taurat hanya membuat orang-orang percaya tahu akan dosa-dosanya (19-20). Dengan demikian diharapkan agar setiap orang disadarkan akan betapa dahsyatnya kuasa dosa yang akan membawa manusia kepada maut, dan manusia disadarkan akan kebutuhan utamanya, yaitu pengampunan yang akan menyelamatkan mereka dari hukuman kekal, dan ini hanya dapat ditemukan satu-satunya melalui Yesus Kristus. Inilah yang harus disadari setiap orang siapapun dia, sehingga ada kesungguhan untuk mencari Allah dan tidak hanya sekedar mencari dan mengejar dunia dengan segala kesenangannya. Bahwa manusia tidak dapat hidup hanya sekedar makan untuk tubuh, tetapi ia harus juga memberikan makan untuk kebutuhan rohani dan juga jiwani, untuk mencapai hidup yang sesuai kehendakNya.

RENUNGKAN:Β Dunia dapat memberikan segala hal yang kita butuhkan, tetapi dunia tidak dapat memberikan kepada manusia sesuatu yang sesungguhnya dibutuhkan, yaitu keselamatan dan damai sejahtera yang hanya dapat kita temuakan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Percayalah kepadaNya.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s