ALLAH MEMBENARKAN KITA KARENA IMAN

Bible-in-light

Renungan Mingguan

Roma 3:21-31

Secara kenyataan, dengan cara dan kekuatan apapun tidak ada seorangpun manusia yang dapat melakukan hukum-hukum Allah, sebab di hadapan Allah semua orang telah berdosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah (23). Jadi tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang mampu hidup sesuai dengan aturan Allah, yaitu hukum Taurat, karena semua manusia telah menyimpang dan keluar dari standar yang ditetapkan oleh Allah. Kalaupun ada manusia yang dapat melakukan hukum Taurat, inipun tidak menjamin keselamatan manusia, karena Hukum Taurat tidak menyelamatkan, sebaliknya Hukum Taurat hanya menjadi cermin atas keberdosaan manusia dihadapan Allah.
Tetapi Taurat hanya menyadarkan kita akan ketidakberdayaan kita dalam mengahadapi kuasa dosa, dan kesadaran inilah yang kiranya menuntun kita untuk datang berserah dan bersandar kepada Yesus Kristus. Itulah sebabnya, Taurat tetap menekankan keutamaan kepada iman, bukan usaha dan kekuatan manusia untuk memperoleh keselamatan (22). Hanya Yesus Kristus satu-satunya yang ditentukan Allah, dimana melalui penebusanNya kita telah diselamatkan. Dia sudah selesai menggenapi Hukum Taurat melalui kematian dan kebangkitanNya, dan telah berhasil menebus kita dari kuasa dosa dan maut (24-25). Tinggal kita sekarang dengan sungguh-sungguh percaya.
Anugerah Allah telah mendamaikan kita manusia berdosa dengan diriNya (25), yaitu semua orang yang percaya dan menerima Yesus Kristus untuk menaatiNya dengan kesungguhan dan ketulusan (26) dan hal ini terlaksana dengan tidak mengabaikan keadilan, tetapi juga sekaligus membenarkan kita, supaya kita dapat hidup benar sesuai dengan standar kebenaran Allah dan bukan sekedar tuntutan Hukum Taurat. Kita selamat bukan hasil usaha kita, melainkan hanya oleh Anugerah Allah. Mari kita hargai dan bergantung sepenuhnya kepada anugerah Allah yang ajaib itu (27) dengan cara sungguh-sungguh memuliakan Allah dan melakukan segala sesuatu yang Dia kehendaki untuk kita lakukan, dan menjadi saksiNya di bumi. Oleh sebab itu, lepaskanlah diri kita dari beban hidup agamawi tanpa kebenaran yang sedemikian menekan dan menghimpit hidup kita (Roma 10:1-3). Kekristenan bukan ajaran agama semata, tetapi merupakan jalan, kebenaran, dan hidup, dan inilah yang ditawarkan oleh Yesus Kristus.

RENUNGKAN: Martin Luther seorang reformator mengingatkan kita kembali, bahwa kita selamat hanya karena Anugerah, hanya karena Iman dan hanya kerena Alkitab

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s