BEBAS DARI PENGHUKUMAN

beautiful_indonesia_06_by_dontsecondguess-d57x2lw

Renungan Mingguan

Roma 8:1-8

Apa yang kita baca dalam Nats hari ini sebenarnya adalah beberapa kesimpulan dari apa yang telah disampaikan oleh Rasul Paulus, khususnya pada ayat 3-7. Intinya adalah barangsiapa yang ada dalam Kristus, ia telah bebas dari penghukuman (8:1). Orang yang dengan sungguh-sungguh hidup dengan beriman kepada Yesus Kristus, tidak ada lagi penghukuman, ia dibebaskan dan dibenarkan melalui penebusan Yesus Kristus di kayu salib. Oleh kelemahan kita, yang tidak dapat memenuhi hukum Taurat (3a), menyebabkan kita berada dalam hukuman Allah karena dosa dan Hukum Taurat tidak berdaya untuk menguduskan dan menyelamatkan kita, sehingga harus diganti dengan Injil yang oleh karena kuasa Roh Kudus, menjadi kekuatan yang menyelamatkan kita dan menikmati kemerdekaan di dalam pimpinan Roh Kudus. Kita telah bebas dari hukuman dosa, karena hukuman yang seharusnya kita terima karena dosa kita telah digantikan oleh Yesus Kristus dengan kematianNya di atas kayu salib sebagai ganti kita yang seharusnya dihukum.
Kini kita menerima karya Allah Tritunggal yang menjadi sumber keselamatan kita. Disini kita melihat bagaimana Rasul Paulus dengan cermat dan sangat memukau melihat Allah didalam ketritunggalanNya terlibat secara aktif dalam menyatakan kasih karuniaNya menyelamatkan semua orang berdosa yang mau bertobat dan menerima Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat.
Melalui suatu rangkaian karya yang indah dan mulia, diawali dengan diutusnya Yesus oleh Allah Bapa menjadi manusia (3) dan telah menggenapi Hukum Taurat, menerima hukuman atas dosa manusia, sehingga secara sah telah membenarkan dan menguduskan kita. Melalui kerja Roh Kudus, kita ditolong untuk dapat memahami dan hidup sebagai milik Kristus dan menikmati pengalaman hidup didalam keselamatan yang telah kita terima dari Tuhan Yesus Kristus (5-8).
Makna hidup dalam Roh Kudus, berarti kita tidak lagi mengikuti keinginan daging/ dosa, seluruh hidup kita dikendalikan oleh Roh Kudus dan bukan oleh keinginan dosa, memiliki hati yang baru, yaitu taat dan tunduk sepenuhnya kepada Kristus dan mengasihiNya segenap hati. Ini adalah kerinduan setiap anak-anak Tuhan yang sudah mengalami pekerjaan Roh Kudus dan sudah mengalami ciptaan yang baru didalam Roh Kudus dan Kebenaran Firman Allah yang hidup.

RENUNGKAN: Menikmati keselamatan didalam Yesus Kristus, adalah sebuah upaya yang serius agar selalu hidup didalam pimpinan Roh Kudus, supaya terbebas dari segala pengaruh dunia yang berdosa ini.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s