KRISTEN SEJATI

holy-cross

Renungan Mingguan

Roma 8:9-17

Kristen artinya pengikut Kristus dan seorang dapat dikatakan Kristen yang sejati, bila ada Roh Kudus yang berdiam didalam dirinya (9), sehingga dia membuktikan dalam hidupnya bahwa ia adalah orang Kristen sejati. Dia tidak hidup lagi didalam daging, tetapi dengan kuasa Roh Kudus yang berdiam didalam dirinya ia mematikan perbuatan-perbuatan tubuh/daging/dosa. Semua orang percaya harus membuka diri untuk dipenuhi dan didiami oleh Roh Kudus, tanpa ini, maka kita akan menjadi orang Kristen daging dan kita akan mati karena mengikuti keinginan dosa, sebaliknya kalau kita mengikuti keinginan Roh Kudus, maka kita akan hidup, karena Roh Kudus memimpin kita kepada kebenaran. Proses dipenuhi Roh Kudus bukan sekali-sekali, tetapi terus-menerus disepanjang kehidupan kita. Roh Kudus akan memeteraikan kita bahwa kita adalah anak-anak Allah (14), dan sebagai anak kita harus belajar untuk taat kepada Allah, Bapa kita sampai pada saatnya nanti kita menerima hak kita sebagai ahli waris, yaitu orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia (17).
Hidup dalam dan dipimpin oleh Roh Kudus pasti menghasilkan hidup yang berdampak. Buah Roh adalah dampak dari hidup orang Kristen yang dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Kudus. Tanpa Roh Kudus, artinya kita diluar Kristus. Kita harus menyadari kefanaan tubuh yang suatu saat akan mati, namun demikian bila kita hidup dalam Roh kita akan hidup untuk selamanya (10), dimana tubuh yang fana ini akan diganti dengan tubuh kebangkitan dalam kuasa kebangkitanNya. Bila kita hidup dalam kuasa Roh Kudus, maka kita yang masih hidup dalam daging akan aktif berjuang untuk mematikan perbuatan dosa (13). Mematikan perbuatan dosa adalah sebuah bukti bahwa kita adalah murid-murid Yesus yang sejati. Orang Kristen menyadari bahwa ia punya hutang yang harus dibayar, yaitu hidup kudus dan menaati Kristus yang telah membayar hutang dosa kita dengan kematianNya di kayu salib (12) bukan kepada dosa atau iblis tetapi kepadaNya. Alangkah indahnya, apabila kita hidup didalam Kristus dan belajar hidup seperti Yesus hidup. Kita menikmati kesucian, sehingga kita dapat melihat kemuliaan Allah dan tidak takut lagi. Mari menikmati kemerdekaan didalam Roh Kudus dan menghasilkan perbuatan yang mulia bagiNya.

RENUNGKAN: Hidup yang didiami dan dipenuhi oleh Roh Kudus harus tampak dari kehidupan kita yang bukan hanya bermanifestasikan roh, tetapi menghasilkan buah Roh dan buahnya lebat dan tetap.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s