PERAN ROH KUDUS

prayer_3

Renungan Mingguan

Roma 8:26-30

Sering dalam hidup ini, apakah karena beban dan masalah yang begitu berat dan berbelit, sehingga membuat kita kehilangan akal untuk dapat mengungkapkan dalam kata-kata maupun doa dan membuat kita begitu tidak berdaya, sehingga nyaris pasrah dan menyerah. Kita tidak berdaya karena dikuasai oleh rasa putus asa dan kehilangan pengharapan. Banyak orang menganggap hal ini sebagai sesuatu yang biasa dan manusiawi, padahal sebagai orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, kita telah dipenuhi Roh Kudus yang salah satu peranNya dalam hidup kita adalh untuk membantu kita dalam kelemahan kita, khususnya dalam hal berdoa. Roh Kudus yang diam dalam setiap pribadi orang percaya akan memberikan kekuatan dan hikmat sehingga kita dapat bertahan menghadapi segala situasi dan keadaan, disamping kita juga ditopang dengan kekuatan dari kuasa doa (26), Ia bersyafaat bagi kita sebagai milikNya bahkan Ia menyelidiki hati nurani, dan berdoa buat kita sesuai dengan kehendak Allah. Jadi dalam segala kelemahan dan penderitaan yang kita hadapi. Roh Kudus akan menolong kita mencapai kehendak Allah dalam hidup kita.
Hal lain yang dikerjakan oleh Roh Kudus dalam diri orang percaya adalah memulihkan kita. Manusia yang diciptakan dalam rupa dan gambar Allah tetapi telah dirusak oleh dosa, dalam Yesus Kristus kita dipulihkan. Inilah yang membuat kita harus menderita seperti Yesus. Lawan kita yaitu iblis akan terus menyerang kita dari segala arah, dan kita harus sadar dan waspada agar kita dapat bertahan melawan tipu daya iblis. Bertahanlah, sebab Allah mampu menjadikan segala sesuatu menjadi alat untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi Dia. Termasuk dalam hal ini adalah penderitaan yang harus kita tanggung demi tidak mempermalukan Yesus Kristus.
Segala yang terjadi dalam hidup kita adalah cara Allah untuk menuntun dan membimbing kita mengalami kekekalan. Segala penderitaan yang kita alami adalah sebuah proses yang akan membawa kita untuk mengalami sebuah pengalaman yang indah bersama dengan Kristus. Kita semua dipanggil, dipilih, ditentukan dan dimuliakan untuk mencapai tujuan Allah buat hidup kita (29-30). Inilah alasan agar kita tidak menyerah, sebab penderitaan sekalipun yang kita alami saat ini, tidak sebanding atau terlalu kecil bila dibandingkan dengansukacita yang akan kita terima. Allah Tritunggal yang sempurna sedang bekerja untuk menyempurnakan kehidupan kita. Allah Bapa, yang kepadaNya kita berdoa, Yesus Kristus, yang melalui Dia kita berdoa, serta Roh Kudus, penolong kita dalam berdoa terus membawa kita mengalami kepenuhan Allah dalam kita.

RENUNGKAN: Jangan meragukan pekerjaan Allah yang sempurna dalam setiap pribadi kita, Amin.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s