DIBENARKAN KARENA IMAN

keep spiritSmall

Renungan Mingguan

Roma 9:30-10:3

Puji Tuhan! Minggu ini kita masuk di tahun 2015 yang tentunya didasari dengan sebuah keinginan untuk menikmati sebuah perubahan dan mengalami pembaruan yang akan dikerjakan oleh iman, sebab iman akan menghasilkan perbuatan yng tulus dimana ketulusan menghasilkan kualitas hidup. Selamat menelusuri renungan dan tekun belajar Firman, karena iman timbul dari belajar Alkitab, Firman Allah yang hidup dan berkuasa.
Pembacaan kita di minggu pertama tahun 2015 ini mengingatkan kita tentang suatu sejarah keselamatan yang membuat kita harus bersyukur dan berpegang pada iman kepad Yesus Kristus yang telah menyelamatkan kita. Sebab dari awalnya, kita tidak termasuk dalam rencana keselamatan ini, tetapi dapat selamat karena mendengarkan Injil, percaya dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Sebagai manusia berdosa, Allah itu terlalu suci dan mustahil untuk kita capai. Hal yang ajaib dan mustahil ini telah disingkirkan oleh Allah dengan datang sendiri didalam Yesus Kristus, mustahil bagi manusia tetapi tidak mustahil bagi Allah (Lukas 1:37). Ternyata kemustahilan ini belum dapat dipahami dan dimengerti oleh kebanyakan orang. Mereka kelihatannya begitu serius dan giat dengan hidup “keagamaan” tetapi tanpa pengertian yang benar (2). Banyak kelompok-kelompok dengan berbagai aliran kepercayaan yang hanya berupaya sekedar memuaskan diri dengan mendirikan kebenaran-kebenaran palsu, dan ini nyata dari sikap dan perbuatan mereka yang tidak takhluk kepada kebenaran Allah. Inilah tugas kita semua, dengan menghargai dan menghormati kesabaran dan kesempatan yang Allah sediakan (22-23), mari kita terus belajar taat kepada Allah dan menjadi alat keselamatan dari Allah untuk dunia ini, menjadikan diri kita surat yang terbuka yang dapat dibaca setiap orang.
Belajarlah dari pengalaman umat allah di Perjanjian Lama, dimana UmatNya ini ditolak karena ketegaran hati yang menimbulkan murka Allah, sehingga hanya ada sedikit sisa umat Allah yang akan deselamatkan, sementara kita yang tadinya bukan umat Allah justru terbuka kesempatan untuk datang dan menjadikan Dia sebagai Allah kita dan kita sebagai umatNya. Keselamatan ini hanya kita peroleh karena iman kepada Yesus Kristurs dan bukan karena status dan perbuatan. Teruslah belajar beriman dan taat kepadaNya.

RENUNGKAN: Imanlah yang akan menghasilkan perbuatan yang berkualitas prima dan jadi berkat.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s