PEDOMAN HIKMAT

selamat paskah

Renungan Mingguan

Pengkhotbah 11:1-8

Kita sangat-sangat menyadari bahwa hidup kita ini adalh kasih karunia ALLAH semata, karena tidak ada seorang pun yang dapat mengerti jalan hidupnya, dan ini sudah sangat kita ingat melalui pepatah yang mengatakan, “Kita hanya bisa berencana, tetapi Tuhanlah yang menentukan segala” Dan lebih lanjut kita ingat dengan Firman Kristus yang mengatakan, “… diluar Aku, kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” (Yoh. 15:5). Merupakan tindakan yang gegabah, jika kita tidak bergantung kepada Yesus Kristus, Sang Gembala kita yang baik. Sebab hanya Dialah yang dapat menuntun dan membimbing kita ke jalan yang benar. Allah yang adalah pusat kebenaran, Dia yang menciptakan segalanya dan memeliharanya, bahkan telah mengaruniakan Yesus Kristus agar melaluiNya kita memperoleh pengampunan dan jaminan hidup yang kekal. Jumat Agung dan Paskah telah mengingatkan kita semua sebagai orang beriman, bahwa kita berhutang nyawa kepada Yesus Kristus, sehingga tidak ada sesuatupun yang kita miliki, baik kesehatan, harta dan apapun yang tidak berasal dari Allah, sebab siapa yang dengan kemampuannya dapat meraih ini semua? Apakah pertimbangan ini tidak cukup mendasar untuk membawa kita hidup bersyukur dan terus berupaya menyenangkan hatiNya dan tekun mencari dan melakukan kehendakNya. Terutama bermurah hati kepada setiap orang dan tidak menyombongkan apa yang dimilikinya.
Hanya ada dua sikap dalam menjalani hidup ini. Pertama adalah hidup yang berpusat pada diri sendiri (Egosentris), bersikap masa bodoh dan tidak peduli kepada orang lain, pesimistis dan cenderung melihat permasalahan dan kesulitan sebagai sebuah beban. Kedua adalah hidup yang berpusat kepada Allah didalam Yesus Kristus (Chistsentris), hidup penuh iman dan selalu memandang segala sesuatu dari perspektif kebenaran Firman Allah, hidup diwarnai dengan syukur dan penyerahan diri kepada Sang pemelihara jiwa, setiap hari menanti-nantikan Allah seperti menyongsong fajar baru, penuh vitalitas dan semangat dalam menikmati anugerah Allah. Menikmati berkat Allah yang selalu baru setiap pagi. Mengizinkan hidupnya menjadi alat bagi Allah untuk mengerjakan segala yang baik, sehingga hidup mepermuliakan Allah dan jadi saluran berkat dari kasih karunia Allah yang ajaib. Doa dan harapan kita bersama, menghadapi kehidupan di dunia yang penuh goncangan ini, PASKAH memberi kita keteguhan untuk maju dan semakin memperbaharui hidup kita sebagai ciptaan yang baru. Selamat PASKAH 2015.

RENUNGKAN: Paskah adalah bukti nyata kemenangan Kristus yang telah mengalahkan maut, dan membuka jalan bagi kita untuk memasuki anugerah Allah dan jaminan hidup yang kekal.

(oleh: Pdt. Sadikun Lie, MA., M.Th.)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s